RSS
Sampingan
25 Apr

MUHAMMAD HUSNI THAMRIN (1894-1941)
.
.
Muhammad Husni Thamrin lahir di Jakarta pada tanggal 16 Pebruari 1894. Setelah menamatkan HBS (setingkat SMU), ia bekerja di kantor kepatihan, kemudian di kantor Residen, dan akhirnya di perusahaan pelayaran Koninklijke Pakevaart Maatschappij (KPM). Pada tahun 1919 Thamrin diangkat menjadi anggota Dewan Kota Batavia (Jakarta). Empat tahun kemudian ia mendirikan persatuan Kaum Betawi yang bertujuan memajukan pendidikan, perdagangan, kerajinan, dan kesehatan untuk penduduk Jakarta.
.
Dalam Dewan Kota Thamrin mempunyai pengaruh yang besar. Karena dianggap mampu, ia diangkat menjadi Wakil Wali Kota, tetapi hal itu tidak mencegahnya untuk mengecam tindakan Pemerintah Belanda yang menindas rakyat.
Pada tahun 1927 ia diangkat menjadi anggota Volksraad dan kemudian membentuk Fraksi Nasional untuk memperkuat kedudukan golongan nasionalis dalam dewan tersebut.
Bersama Kusumo Utoyo, ia mengadakan peninjauan ke Sumatera Timur untuk menyelidiki nasib buruh perkebunan yang sangat menderita akibat adanya poenale sanctie.
Tindakan pengusaha perkebunan yang sewenang-wenang terhadap buruh, dibeberkannya dalam pidatonya di Volksraad. Pidato itu berpengaruh diluar negeri.
Di Amerika Serikat timbul kampanye untuk tidak membeli tembakau Deli. Akibatnya, poenale sanctie diperlunak dan akhirnya dihapuskan sama sekali.
.
Partai politik yang dimasuki Thamrin ialah Partai Indonesia Raya (Parindra). Setelah dr. Sutomo wafat, Thamrin diangkat menjadi ketua Parindra. Sementara itu, perjuangan dalam Volksraad tetap dilanjutkan. Pada tahun 1939 ia mengajukan mosi agar istilah Nederlands Indie, Nederlands Indische dan Inlander diganti dengan istilah Indonesia, indonesisch, dan Indonesier.
Mosi itu ditolak oleh Pemerintah Belanda walaupun mendapat dukungan sebagian besar anggota Volksraad. Sejak itu, rasa tidak senangnya terhadap pemerintah jajahan semakin besar. Akibatnya, pemerintah Belanda mencurigai dan mengawasi tindak-tanduknya.
Tanggal 6 Januari 1941 Muhammad Husni Thamrin dikenakan tahanan rumah dengan tuduhan bekerja sama dengan pihak Jepang. Walaupun sedang dalam keadaan sakit, teman-temannya dilarang berkunjung. Tanggal 11 Januari 1941, ia meninggal dunia dan dimakamkan di Pekuburan Karet, Jakarta.
.
.
Begitu kawan.. ..
#Makin tau , makin banyak ilmu.. ^,^

Muhammad Husni Thamrin

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada 25 April 2013 inci Biografi PAHLAWAN

 

4 responses to “Muhammad Husni Thamrin

  1. sugiarno

    10 Desember 2012 at 5:05 PM

    Hmm, sebuah catatan penting … Terima kasih … πŸ™‚

     
    • mazwaly

      10 Desember 2012 at 8:15 PM

      Sama-sama πŸ™‚
      dan terima kasih sudah memuji posting’an ini..
      .
      Kalau boleh saya tau ..
      Dalem’e panjenengan ing pundi ?
      .

       
      • sugiarno

        17 Desember 2012 at 11:48 PM

        Saya di Jember …

         
  2. mazwaly

    21 Desember 2012 at 4:04 AM

    Wah.. Jauh juga..
    .
    Hmm.. enak nya saya manggil anda apa.. ?
    Maz sugi pa maz arno..?